Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam rangka menumbuhkan bibit-bibit muda di bidang kesenian khususnya tari, Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) melalui Bidang Kebudayaan mengadakan seleksi penari Tuban, Sabtu (12/3/2016).

Kegiatan yang berlangsung di pelataran salah satu destinasi wisata Tuban, Goa Akbar, diikuti sedikitnya oleh 36 peserta. Di mana kesemua peserta datang secara perseorangan dari beberapa kecamatan di Kabupaten Tuban.

"Pemilihan penari Tuban ini dilakukan tiap tahun. Tari dasar yang ditampilkanpun berupa tarian tradisi. Tentunya nanti penari ini akan menjadi icon Tuban," kata Kabid Kebudayaan, Sunaryo kepada blokTuban.com.

Nantinya dari hasil seleksi ke 36 penari akan diambil 10 besar. Di mana 10 besar penari akan diketahui besok dan ke depan akan dibina dan dikembangkan bakat yang dimiliki saat ini.

Setelah melalui pembinaan, lanjut Sunaryo, nantinya penari ini akan ditampilkan ketika ada event tertentu. "Seperti kegiatan penting pemerintahan ataupun perlombaan kesenian yang kerap dilaksanakan di tingkat pemerintahan provinsi," imbuhnya.

Seleksi yang dilakukan sehari penuh ini sukses mengundang animo masyarakat setempat. Bertempat di lokasi wisata yang berdekatan dengan rumah penduduk, kegiatan ini ramai dikerubuti masyarakat yang ingin menyaksikan seleksi tari ini.[dwi/ito]