Gerhana Matahari Bisa Sebabkan MFDS

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Gerhana matahari yang terjadi pada Rabu (9/3/2016), merupakan suatu fenomena langka, sehingga saat terjadinya penampakan fenomena alam tersebut banyak sekali masyarakat yang ingin langsung menyaksikan prosesnya. Namun, tahukah anda, bahaya saat terjadinya gerhana matahari secara langsung.? Selain merusak retina mata juga bisa menyebabkan Magnetic Field Deficiency Syndrome (MFDS). Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Saiful Hadi.

Saiful Hadi mengatakan, gerhana matahari bisa merusak retina jika dilihat secara langsung, selain itu juga bisa menyebabkan bahaya lainnya, yaitu Magnetic Field Deficiency Syndrome (MFDS) karena telah terjadi penurunan medan magnet bumi dalam tubuh manusia.

"MFDS ini bisa disebabkan jika melihat gerhana matahari secara langsung dan juga bisa melalui sinar ultravioletnya yang mengena pada tubuh," terangnya kepada blokTuban.com

Selanjutnya, pria lulusan Unair surabaya tersebut menjelaskan, gejala MFDS ini adalah ditandai dengan pusing, kelelahan mental, nyeri, perasaan tidak nyaman di area kepala, serta menurunnya performa seks, selain itu juga akan berpengaruh buruk terhadap aura tubuh.

"Tentunya kita tidak menginginkan hal tersebut, jadi jangan sampai melihat gerhana matahari secara langsung dan harus berhati-hati saat keluar rumah, guna menghindari sinar ultravioletnya," pungkas pria yang akrab disapa Saiful itu. [nok/rom]