Bukit Rengit Akan Ditanam 7 Ribu Tanaman Buah

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Bukit Rengit, yang ada di Desa Ngrejeng, Kecamatan Grabagan, diproyeksikan bisa menjadi wisata buah di Kabupaten Tuban.

Diketahui, Rengit merupakan salah satu bukit tertinggi di kawasan Kecamatan Grabagan. Ketinggian sekitar 640 Mdpl. Di atasnya, ada satu makam tokoh islam bernama Kyai Sodiqo, yang merupakan santri kinasih dari Sunan Bejagung.

Selain itu, di kanan kiri bukit merupakan tanah milik desa dengan struktur miring. Luas sekitar 10 hektar lebih. Tanah inilah yang akan diproyeksikan sebagai lahan buah di Kabupaten Tuban. Ide ini muncul dari komunitas wartawan Tuban, Ronggolawe Press Solidarity (RPS) bersama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Ngrejeng.

"Tanah milik desa inilah yang akan ditanam pohon buah sebanyak 7 ribu bibit," jelas Ketua RPS, Khoirul Huda, kepada blokTuban.com, Senin (7/3/2016).

Huda menjelaskan, penanaman buah ini akan dilaksanakan pada Selasa (8/3/2016) besok. Melibatkan ratusan orang dari jurnalis di Tuban, Muspika Grabagan, Pemdes Ngrejeng, dan juga masyarakat sekitar. Selain itu penanaman juga akan dihadiri Forpimda Kabupaten Tuban, mahasiswa, pelajar, aktivis, dan juga undangan dari berbagai unsur. [pur/ito]