Panen Jagung di Grabagan, Mentan Hadir di Tengah Masyarakat

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Panen jagung yang dilakukan warga Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan berlangsung meriah. Pasalnya, panen kali ini dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, Sabtu (5/3/2016).

Berlokasi di tengah sawah, antusias masyarakat yang hadir cukup bersemangat. Sebelum Amran tiba, hujan deras sempat turun di area tersebut.

Ia mengatakan bangga akan masyarakat Tuban, khususnya warga Kecamatan Grabagan. Pasalnya, semangat warga menanam dan menyumbang perolehan komoditas jagung yang cukup produktif.

"Mereka mampu memproduksi jagung tanpa bantuan benih. Karena demikian, pemerintah menyumbang 24.000 hektare benih gratis," kata Amran.

Selain terkendala dengan benih, dari audiensi yang digelar mentan bersama warga, disuarakan pula terkait kendala memperoleh pupuk. Amran juga berjanji akan menyelesaikan persoalan tersebut. Kemudian, pembangunan embung yang diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK) akan direalisasikan segera untuk warga. Juga, harga jual jagung baik beras akan dilakukan pemantauan oleh Bulog.

"Harga jual sebesar Rp2.400 atau Rp2.700 sampai Rp3.000 sudah bagus, karena kadar air waktu panen belum kering," kata Amran menambahkan.

Berdasarkan arahan presiden, masih kata Amran, Mentan diminta melindungi petani. Selain itu, selalu hadir di tengah mereka guna mendengar keluhan langsung dan mengambil keputusan sesuai fakta lapangan. [dwi/ito]