Musim Panen, Harga Gabah di Tuban Jauh di bawah HPP

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Harga jual gabah di Kabupaten Tuban, saat ini jauh dibawah standart Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yang ditetapkan sesuai dengan Inpres Nomor 5 Tahun 2015 yakni Rp3.700 per kilogram.

Diketahui, sesuai Inpres tersebut HPP Gabah Kering Panen (GKP) dari petani semestinya dijual minimal Rp3.700. Tapi di Tuban, gabah kering petani hanya ditawar rata-rata sebesar Rp2.500 per kilogramnya.

"Setiap musim panen ya begini, harga gabah selalu turun," terang petani asal Kecamatan Palang, Sodiq (39), Jum'at (4/3/2016).

Turunnya harga gabah di tingkat petani terjadi sejak beberapa pekan terakhir. Sebelum musim panen, gabah yang mereka keringkan masih bisa laku sampai Rp3.300 perkilogram meski itupun di bawah HPP. Tapi, sekarang paling tinggi mereka bisa menjual dengan harga Rp3.000 per kilogram itupun setelah melakukan tawar menawar yang alot dengan petani.

"Tapi sekarang sudah jarang tengkulak yang mau membeli sampai Rp3.000, yang paling banyak ya nawarnya sekarang Rp2.500 tadi," kata petani lain, Amin, kepada blokTuban.com.

Petani berharap, ada campur tangan pemerintah mengendalikan harga gabah ketika musim panen. Agar mereka tidak selalu merugi, dan bisa balik modal biaya tanam. [pur/ito]