Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Puluhan anak dari Taman Kanak-kanak (TK) dan Raudlatul Athfal (RA) memenuhi halaman belakang Mapolres Tuban. Mereka tampak asyik bermain, tidak hanya bersama guru dan orang tua, tapi juga bersama sejumlah petugas kepolisian yang berseragam lengkap, Kamis (18/2/2016).

Permainan tidak hanya dilakukan di halaman belakang. Mereka juga melakukan kegiatan berkeliling. Dibantu Polisi, anak-anak dikenalkan setiap sudut Mapolres Tuban sejak dini. Mulai dari tempat pembuatan Surat Ijin Mengemudi, Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK), Penjara, dan juga tempat-tempat lain di lembaga publik ini.

Puas berkeliling, anak-anak dikenalkan dengan sejumlah kendaraan yang digunakan anggota Satuan Lalu Lintas. Mereka diajak menaiki mobil Patwal, mobil SIM, sampai kendaraan motor roda dua lalu lintas.

"Ini tujuan utamanya agar anak tidak takut Polisi, dan mulai mengenal cara kerja Polisi sejak dini," jelas Kasubbag Humas Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Elis Suendayati, kepada blokTuban.com.

Elis menerangkan, kegiatan rutin dilakukan satu minggu sekali. Peserta berasal dari TK dan RA yang ada di Tuban. Awalnya program dilakukan sekali. Tetapi melihat banyaknya respon, petugas berinisiatif melaksanakan secara bergilir satu minggu sekali, dengan tempat langsung di Mapolres Tuban.

"Intinya di permainan ini kita ingin mengenalkan kalau Polisi itu sahabat anak," tandasnya. [pur/rom]