Hadapi MEA, UKM Perlu Peningkatan Jaringan Usaha

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Masyarakat Ekonimi Asean (MEA) saat ini telah berjalan. Seperti yang kita ketahui pemberlakuan MEA sudah sejak akhir 2015 lalu. Menyelami MEA kali ini, Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) mengagendakan kegiatan untuk meningkatkan dan mengembangkan jaringan usaha pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), Selasa (16/2/2016).

Disperpar melalui Kepala Bidang Koperasi, Rohmad mengatakan, pihaknya selaku pembina, penghubung dan pendorong pelaku UKM untuk bergiat usaha. Salah satu kegiatan yang dilakukan yakni, pemberian materi dan praktik dalam kegiatan yang bertajuk "Peningkatan dan Pengembangan Jaringan Usaha bagi UKM".

"Peserta yang diberikan pelatihan ini sejumlah 50 pelaku usaha yang berasal dari UKM dan koperasi. Dimana peserta merupakan UKM binaan atau yang bermitra dengan Pemkab khususnya Disperpar," terang Rohmad pada blokTuban.com.

Pada kegiatan tersebut, beberapa materi yang disampaikan ditujukan pada penanganan permasalahan yang dihadapi UKM saat ini yakni Permodalan, pemasaran dan transportasi pengiriman produk.

"Kegiatan pelatihan tersebut dilakukan selama dua hari, pada 16 dan 17 Februari 2016," kata Rohmad menambahkan.

Dari pelatihan ini diharapkan UKM mampu mengembangkan dan meingkatkan produksi baik jasa maupun barang yang dijalankan. Kegiatan ini menggandeng sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seperti Bank BRI dan PT Pos Indonesia yang berada di Tuban. [dwi/col]