Anggaran Rp1,6 Miliar untuk Pembenahan Tanggul Sungai Avur Kuwu

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pada 2016 ini, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mencanangkan anggaran sebesar Rp 1,6 miliar untuk pembangunan tanggul Sungai Avur Kuwu. Anggaran ini meningkat dari tahun sebelumnya, di tahun 2015 lalu yakni Rp800 juta.

Bedasarkan survey yang dilakukan oleh tim konsultan Dinas Pekerjaan Umum (DPU), potret tanggul sungai avur yang melintasi beberapa desa di Kecamatan Plumpang tidak merata. Di beberapa titik terdapat ketinggian yang tidak sama.

Camat Plumpang, Sudarmaji mengatakan, tanggul avur kalau dipotret ada yang datar ada yang rendah, bahkan beberapa titik tnggul hampir tergerus air. Hal ini butuh penangan serius agar luapan air tidak mengancam jebolnya tanggul.

"Di tahun 2016 Pemkab Tuban, melalui DPU Pengairan berencana akan merenkonstruksi bagian dalam dan luar tanggul sungai avur. Pada bagian dalam akan dibrojong, sedangkan bagian luar akan dibangun Tanggul Penahan Tanah (TPT)," ungkap Sudarmaji kepada blokTuban.com

Dengan demikian, pada bagian luar tanggul masih dapat dimanfaatkan masyarakat. Yaitu untuk jalur transportasi. Jadi ketika masyrakat yang hendak mengangkut hasil panen dari sawah menuju rumah dapat menggunakan kendaraan.

Sudarmaji menambahkan, kesadaran masyarakat terutama yang memiliki lahan persawahan di sepnajang sunagi avur juga diharapkan. Pasalnya tanaman pisang yang berada si sepanjang tanggul merupakan salah satu penyebab ketidaksamaan kontur tanggul.[dwi/ito]