Keluarga Jadi Motivasi Dalam Bekerja

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Mengabdi pada bangsa dan negara merupakan panggilan jiwa bagi setiap manusia, dalam mengisi kemerdekaan itulah hal yang harus dilakukan bagi setiap orang. Hal tersebut dilakukan oleh Aguk Waluyo Raharjo sebagai bentuk rasa cinta terhadap Negara. Pria yang sejak awal mengawali karirnya di bidang pemerintahan ini masih tetap berkomitmen untuk mengabdikan dirinya bagi bangsa dan negara.

Saat ini, Aguk sapaan akrabnya, sedang menjadi Kepala Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat atau yang dikenal dengan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tuban setelah dipercaya oleh Bupati Tuban, Fathul Huda, sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Pria berkumis rapi ini lahir di Tuban, pada 8 September 1965, Aguk mengawali karirnya sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Sosial Politik Kabupaten Tuban dimulai sejak tahun 1992 sampai tahun 2000, Kepala Bidang Perhubungan Kabupaten Tuban sejak tahun 2000 sampai 2014, dan saat ini Aguk menjabat sebagai Kepala Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tuban, tugas yang tidak mudah tentunya.

Sejak awal karirnya dibidang pemerintahan, Aguk sudah merasakan empat kali pergantian kepemimpinan Bupati Tuban selama dia bekerja di pemerintahan, yang pertama kepemimpinan Bupati Sukur Sutomo, yang ke dua Bupati Indarto, yang ke tiga Bupati Haeny Relawati Widya Astuti, dan yang ke empat adalah Bupati Fathul huda yang masih menjabat sampai sekarang.

Dalam menjalani karirpun, diakui Aguk tidak berjalan mulus, semua dia lakukan dengan ikhlas dan tekun, berkat keikhlasan dan ketekunanlah akhirnya pria dengan dua orang anak perempuan ini dipercaya oleh Bupati untuk menjadi Nahkoda pada Kesabangpol dan linmas. tentunya pekerjaan tersebut tidak mudah seperti yang dibayangkan. Karena dia harus mengakomodir seluruh Organisasi Kemasyarakatan atau Ormas, Organisasi Kepemudaan, dan juga Partai Politik di Kabupaten Tuban.

Ditengah kesibukannya atas tugas negara yang telah diemban sejak tahun 1992 sampai sekarang, kini pria lulusan S1 Hukum Universitas Jember (UNEJ) tersebut juga tak lalai akan tanggung jawab tugasnya sebagai kepala keluarga yang dijalani saat ini.

"Selain dapat tugas dari Bupati sebagai Kepala Kesbangpol dan linmas Kabupaten Tuban, saya juga dapat Tugas dari Allah sebagai kepala rumah tangga untuk memimpin istri dan kedua anak saya,'' imbuhnya dengan canda.

Aguk menambahkan, Hal yang membuat dirinya selama ini tetap semangat dalam menjalani pekerjaan yang diemban adalah keberadaan istrinya, Ety Saraswati yang setia mendampinginya, dan kedua putrinya, yang senantiasa memberikan doa dan semangat agar diberikan kesehatan dan kemudahan dalam setiap menjalani pekerjaannya sekarang.

Saat ini, kedua putrinya sedang menjalani studi diluar kota, Chandranadia sedang menempuh jenjang S1 nya pada Fakultas Farmasi di Universitas Negeri Jember , dan Chandramanda juga sedang menempuh jenjang S1 nya pada Fakultas Kesehatan Masyarakat di Universitas Airlangga di Surabaya. [nok/ito]

Profil singkat Kepala Kesbangpol dan linmas Kabupaten Tuban.
Nama : Aguk Waluyo Raharjo SH.
TTL : Tuban, 8 September 1965
Istri : Ety Saraswati
Anak : Chandranadia, Chandramanda

Pengalaman kerja
CPNS di kantor Sospol Kabupaten Tuban (1992 - 2000)
Kepala bidang perhubungan (2000 - 2014)
Kesbangpol dan linmas (2014 - sampai sekarang)