Petani Manfaatkan Lahan Perhutani, Tanam Padi Gogo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Para petani yang memakai lahan milik Perhutani (Pesanggem) yang berada di Dusun Kebonagung, Desa Jetak, Kecamatan Montong memanfaatkan lahan untuk ditanami Padi Gogo.

Padi gogo termasuk tanaman padi yang kuat untuk ditanam di lahan kering. Biasanya, padi gogo di tanam para pesanggem satu tahun hanya satu kali.

Salah satu pesanggem, Sartini (45) mengaku memakai lahan perhutani sudah sekitar empat tahun, dan lahan itu untuk musim penghujan pertama seperti saat ini dia tanami padi gogo. Setelah itu biasanya di tanami jagung atau kacang tanah.

"Selain tanaman padi gogo lebih menguntungkan, untuk perawatan padi gogo juga lebih diperhatikan dibandingkan dengan tanaman jagung dan kacang tanah," ungkap kepada blokTuban.com, Rabu (3/2/2016).

Untuk tanaman padi gogo sendiri, satu hektare bisa menghasilkan 1,2 ton. Bibit padi gogo yang ditanam di lahan kering para petani biasanya menggunakan bibit turunan atau bibit saat panen tahun lalu.

Petani pesanggem yang lain, Abdul (46) mengatakan, saat ini umur padi gogo miliknya sudah berumur kurang lebih 50 hari, dan biasanya untuk padi jenis gogo ini pemupukan dilakukan dua kali.

"Untuk jenis pupuk sama halnya padi disawah atau dilahan basah, dan dilakukan dua kali. Kalau sudah panen, padi gogo ini kebanyakan dikonsumsi para petani sendiri," kata Abdul.[hud/ito]