Urus SLO Sekarang Bisa di PPI Bulu

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Masyarakat nelayan di Kabupaten Tuban, khususnya nelayan Bulu, patut berbangga hati atas segala pelayanan prima yang telah diberikan oleh Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Bulu. Sebab, di tempat inilah selain nelayan bisa melakukan bongkar ikan, nelayan juga bisa mengurus Surat Laik Operasi (SLO).

Pengawas Perikanan PPI Bulu, Suryono mengatakan, di PPI Bulu ini nelayan bisa mengurus Surat Laik Operasi (SLO), jadi nelayan tidak perlu jauh-jauh untuk mengurus seperti sebelum-sebelumnya. SLO adalah surat yang harus dimiliki kapal dalam setiap berlayar, kalau untuk nelayan Bulu bisa per musim saja. Sebab, termasuk nelayan harian.

"Jangan khawatir untuk mengurus SLO di PPI Bulu ini gratis tidak dipungut biaya sepeserpun," terang Suryono kepada blokTuban.com

Lebih lanjut Suryono menjelaskan awal mula di pangkalan ikan ini diberikan pengawas perikanan, pada awal 2014-2015 dilakukan pembangunan besar-besaran di PPI Bulu. Sehingga, ada inisiatif dari Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur untuk menempatkan pengawas perikanan di sini. Sebab, PPI ini masih aset milik Pemprov Jatim.

"Akhirnya Kepala Dinas membuat surat ke Dirjen Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan disetujui, sehingga ditempatkanlah saya di sini," jelas pria yang mulai bertugas di PPI Bulu tahun 2015.

Diketahui dari Suryono, bahwa sampai saat ini masih banyak masyarakat nelayan Bulu yang belum mengetahui jika di PPI Bulu ada petugas pengawas perikanan yang bisa menerbitkan SLO.[nok/ito]