Triwulan Pertama 2016, Pembangunan Parkir Elektrik di Pasar Baru

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Di tahun 2016 pemerintah Kabupaten Tuban telah menyiapkan sejumlah anggaran untuk perbaikan beberapa sarana pendukung roda perekonomian. Salah satunya, perbaikan sarana akan dilakukan pada lokasi parkir pasar baru Tuban.

"Pada triwulan pertama di awal tahun 2016 akan dilaksanakan pebangunannya. Terlebih akan dilakukan pengadaan barang," ujar sekretaris dinas perekonomian dan pariwisata (disperpar), Edang Trimeidya kepada blokTuban.com

Perbaikan sarana parkir pada pasar baru Tuban termasuk dalam fasilitas jasa umum. Dana untuk pembangunan parkir elektrik dicanangkan sekitar Rp300 juta sudah termasuk jasa umum dan lainnya.

"Kita menggunakan jasa mekanik, secara otomatis sudah terekam semua laporan kendaraan yang kelaur masuk pada hari itu. Kalau sepeda motor ditarik Rp1.000 di situ akan terlaprokan dalam satu hari yang masuk dan roda 4 ataupun lainnya," imbuh Mei.

Mengunakan parkir elektrik dinilai lebih terinci, asal sistem tidak diubah untuk meningkatkan retribusi pasar. Tahun 2016 belum semua pembangunan dikerjakan, melainkan secara berangsur.

"Terutama pasar yang memungkinkan dan berpotensi. Yaitu pada pasar yang dikelola Pemkab seperti pasar Karangagung, Bangilan dan Jatirogo. Kalau Pasar Pramuka tidak memungkinkan untuk dibangun parkir elektrik. Karena kondisi pasar yang terbuka, tidak bisa diterapkan sistem parkir elektrik," pungkas Mei.[dwi/col]