Sebelum Bertarung, Banyak Paslon yang Berziarah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Makam yang berada di Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban adalah makam Syekh Abdurrohman atau banyak dikenal dengan nama Kanjeng Raden Tumenggung Haryo Tedjo.

Kanjeng Raden Tumenggung Haryo Tedjo merupakan salah satu waliyullah di tanah jawa, selain itu Kanjeng Raden Tumenggung Haryo Tedjo juga pernah menjadi orang nomer satu di Kabupaten Tuban.

Dia menjabat sebagai Adipati di Kadipaten Tuban selama 42 tahun, setelah kepemimpinan Adipati Tuban Ke-6 yakni Raden Tumenggung Harya Dikara.

Adipati Kadipaten Tuban Ke-7 tersebut, dimakamkan Di Desa Dagangan, Kecamatan Parengan, saat ini pemakaman menjadi pemakaman umum desa setempat.

Juru Kunci makam, Samani (54) mengatakan, makam Kanjeng Adipati Raden Tumenggung Haryo Tedjo, pada hari Minggu/Ahad legi (hitungan jawa), biasanya ramai dikunjungi para peziarah baik dari dalam maupun luar Kabupaten Tuban.

"Peziarah ada yang dari Kecamatan Jenu, Montong dan dari Kabupaten Bojonegoro, Lamongan," terang Samani Kepada blokTuban.com, Minggu (31/1/2016).

Lanjut Samani, makam yang berada di Desa Dagangan tersebut, saat akan dilaksanakan Pilihan Kepala Daerah (Pilkada), para pasangan calon (Paslon) tidak lupa berziarah ke makam Syekh Abdurrohman tersebut.

Untuk Haul, biasanya makam Kanjeng Adipati Raden Haryo Tedjo diadakan setiap Kamis Kliwon pada bulan Suro (penanggalan jawa), "Setiap tahun makam ini diadakan haul, selain untuk mendoakan, juga untuk mendapatkan barokahnya," tutup Samani. [hud/rom]