Pemkab Sidoarjo Studi Banding ke Disperpar Tuban

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi D mengadakan studi banding (stuba) ke Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban, Selasa (2/2/2016).

Realisasi target pendapatan asli daerah (PAD) dari dinas Perekonomian dan Pariwisasta pada bidang pariwisata mencapai 130 persen di tahun 2015. Hal inilah menurut Sekretaris Disperpar, Edang Trimeidya, yang melatarbelakangi stuba DPRD ke Tuban.

"Realilsasi target melampaui target meski kondisi perekonomian melemah. Alhamdulillah dari target Rp910 juta mampu terealisasi sekitar 130 persen," ujar Mei, sapaan akrabnya.

Setelah memaparkan materi pada stuba, lanjutnya, DPRD Komisi D Sidoarjo mengakui keunggulan bagaiamana Disperpar mengatur pengalokasian target, sehingga realisasi melebihi target dapat terwujud.

"Padahal dilihat dari PAD, Sidoarjo lebih besar. Diakui mereka dengan dana yang terbatas dengan realisasi mencapai 130 persen hasilnya luar biasa sekali," imbuh Mei.

Di lain sisi, menurut Mei, sebenarnya pariwisata Tuban masih mendompleng wisata religi. Tingkat kunjungan wisatawan yang murni untuk rekreasi masih rendah.

"Pada acara tadi, mereka puas. Namun, kami merasa banyak yang perlu digarap lebih intens. Supaya perkembangan pariwisata Tuban makin menggeliat," pungkas Mei. [dwi/col]