Pemkab Minta Umat KSB Jaga Kerukunan

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban meminta kepada umat Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban untuk tetap menjaga kerukunan.

Seruan ini muncul, setelah adanya perseteruan antara Forum Umat Penyelamat TITD Kwan Sing Bio, dengan Panitia Pemilihan Pengurus dan Penilik Masa Bhakti 2013-2016.

"Selain itu, umat TITD (yang berseteru) berkenan bersama-sama mencari solusi terbaik demi kesejahteraan bersama," jelas Kepala Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Aguk Waluyo Raharjo, kepada blokTuban.com, Selasa (2/2/2016).

Ke depan, langkah yang akan dilakukan Pemkab Tuban adalah mengumpulkan informasi secara detail mengenai konflik ini. Selain itu, juga akan meminta masukan kepada beberapa pihak yang terkait, agar permasalahan bisa terurai dan dicarikan solusi bersama.

"Pemkab berkeyakinan, semua pihak sama-sama ingin yang terbaik untuk TITD. Semua pihak pasti berkeinginann ada solusi yang disepakati," jelas Aguk.

Sebelumnya, hearing yang digelar Komisi C DPRD Tuban untuk memfasilitasi masalah ini tidak membuahkan hasil. Bahkan, Panitia Pemilihan Pengurus dan Penilik Masa Bhakti 2013-2016 memilih absen tanpa konfirmasi. Pemkab Tuban mengancam, apabila masing-masing pihak masih mementingkan ego, maka pemerintah tidak akan mengeluarkan ijin menyelenggarakan kegiatan yang mengundang masa.

Diketahui, konflik ini bermula di Pemilihan Pengurus KSB pada tahun 2013 lalu. Meski pada Pemilihan itu sudah terpilih 15 pengurus dan 5 penilik, tetapi Panitia Pemilihan tidak mau melakukan pelantikan sampai detik ini.[pur/ito]