Jumlah Kendaraan Bermotor di Tuban Capai 300.000 Unit

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Jumlah kendaraan bermotor di Kabupaten Tuban tercatat sekitar 300.000 unit hingga saat ini. Data tersebut dihimpun blokTuban.com dari sistem manunggal satu atap (Samsat) setempat.

Administrator Pelaksana (Adpel), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Samsat Tuban, Sudarsono, mengatakan jumlah tersebut terdiri dari kendaraan roda empat dan roda dua. Namun Roda dua lebih mendominasi ketimbang roda empat.

Lebih lanjut, Sudarsono menjelaskan, jumlah Roda dua mendominasi hingga lebih dari 90 persen. Kendaraan roda empat memiliki prosentase lebih minim dari roda dua.

Jumlah kendaraan roda empat di Tuban untuk saat ini, menurut Sudarsono, mencapai sekitar 1.500 unit. Tidak sebanding dengan pertumbuhan roda dua. Diakuinya roda dua mengalami pertumbuhan pesat setiap tahunnya, namun untuk data pasti tidak diketahui.

"Jumlah tersebut pendataan dari tahun-tahun sebelumnya. Mulai sejak dulu, sejak ada sepeda motor masuk di Tuban hingga kini", kata Darsono sapaan akrabnya.

Setiap tahun, lanjut Darsono, jumlah kendaraan mengalami kenaikan dan penurunan. karena ada yang beli baru ada yang dijual, otomatis ada yang datang dan keluar.

"Semisal ada yang mutasi kerja ke luar daerah. Kalau pindah untuk urusan kerja, pasti kendaraan dibawa karena digunakan untuk transportasi," pungkas Sudarsono. [dwi/rom]