TPS 3R Kanduruan Belum Bisa Dioperasikan

Reporter: Ikhsanul Yazid

blokTuban.com - Meski sudah diresmikan, Tempat Pengolahan Sampah Reduce,Reuse,Recycle (TPS 3R) yang berada Di Desa Sidomukti, Kecamatan Kenduruan belum bisa dioperasikan.

Pelaksana TPS 3R Wahyu Hidayat menjelaskan tempat pengolahan sampah yang harusnya sudah beroperasi tampaknya harus ditunda dahulu karena memang masih dalam tahap pengecekan atau finishing.

"salah satu faktor penyebabnya karena masih ada air yang meresap ke dalam lokasi yang nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk menampung atau memproses sampah menjadi pupuk organik yang sekarang masih dalam tahap perbaikan," imbuhnya kepada blokTuban.com

Menurutnya, untuk area bangunan memang sudah jadi namun dari awal penggalian tempat penampung sampah yang kedalamannya sekitar 2 meter menyebabkan sumber air keluar.

"Sehingga sampai tahap akhir ini masih ada resapan air yang masuk ke bangunan," jelas pria yang juga anggota Pamong Desa Sidomukti tersebut.

Cuaca hujan serta lokasi yang berada tepat berdampingan dengan persawahan menjadi penyebab kapasitas air di sekitar TPS 3R bertambah yang menyebabkan air selalu meresap sampai ke dalam.

"Belum bisa memprediksi kapan beroperasi akan tetapi kemungkinan besar tidak lama lagi. Sementara itu, proses pengerjaan sudah hampir selesai," imbuh salah satu pekerja proyek TPS 3R, Yakul. [nul/col]