Awal Tahun, 15 Korban Tewas Karena Laka

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sepanjang awal tahun 2016, tepatnya di bulan Januari kemarin, tak kurang dari 15 korban meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas), Senin (1/2/2016).

"Korban ini, ada yang meninggal dunia di tempat kejadian perkara (TKP) dan ada juga yang meninggal ketika sudah mendapat perawatan di rumah sakit," terang Kepala Unit (Kanit) Laka Lantas, Iptu Nungki Sembodo, kepada blokTuban.com.

Secara keseluruhan, di Tuban juga terjadi 105 kejadian Laka Lantas sepanjang bulan Januari kemarin. Baik itu terjadi di kawasan jalan Pantura, jalan provinsi, ataupun jalan milik Kabupaten. Intinya, pengendara diminta untuk waspada ketika melintas di jalur mana pun.

Dia berharap, warga mematuhi aturan lalu lintas ketika berkendara. Sebagai antisipasi keselamatan diri sendiri, ataupun keselamatan pengendara lain. Selain itu, kecelakaan juga disebabkan adanya kebut-kebutan di jalan, dan juga memaksa untuk tetap berkendara meski dalam kondisi mengantuk.

"Karena kecelakaan lalu lintas, banyak disebabkan faktor kurang patuh dengan aturan lalu lintas," terang Nungki.

Petugas mengaku, terus berupaya melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada pengendara untuk menjaga keselamatan berlalu lintas. Juga giat melakukan patroli di wilayah-wilayah yang dinilai rawan kecelakaan. [pur/col]