Sering Makan Ternak, Phyton Ditangkap Warga

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Beberapa warga Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, berhasil menangkap ular phyton di salah satu sungai setempat.

Ular yang ditangkap, mempunyai bobot kira-kira 50 Kilogram, dengan panjang mencapai 3,5 meter. Ular ini, sudah lama menjadi incaran warga, karena sering melahap unggas dan hewan ternak milik warga. Sebelumnya, sudah banyak orang yang melihat ular ini selesai menyantap ternak, tetapi selalu menghilang dengan cepat ketika akan ditangkap.

"Tadi pagi kami tangkap ular ini, saat itu ada warga yang melihat ular di sungai yang airnya surut saat mencari ikan," jelas salah satu penangkap ular, Margono, menjelaskan, Minggu (31/1/2016).

Beruntung, meski besar tidak ada perlawanan yang begitu berarti ketika hewan melata ini ditangkap. Ular dalam kondisi lemas, diduga selesai menyantap salah satu ayam ternak.

"Sekarang akan kita sangkarkan dulu ularnya, kasihan juga kalau dibunuh," lanjut Margono.

Warga menduga, masih ada satu ular lagi yang berkeliaran di kampung mereka. Biasanya, ular sering tampak di sungai pada jam malam. Sehingga cukup sulit untuk menangkap. [pur/rom]