Reporter: Dwi Rahayu

 
blokTuban.com - Manfaat kotoran cacing Lumbricus atau cacing tanah merah pada kesuburan tanah begitu tinggi. Kororan cacing dapat menghancurkan bahan organik sehingga lebih mudah untuk memperbaiki struktur tanah. 
 
Salah seorang petani,Arziku Ridho (26) memanfaatkan keberadaan cacing tersebut. Manfaat utama pupuk organik berasal dari kotoran cacing yaitu meningkatnya produktivitas lahan pertanian.
 
"Kotoran, terutama yabg berasal dari cacing lumbricus baik untuk tanaman. Karena mengandung karbohidrat dan protein. Tanaman disamping membutuhkan nitrogen, fosfor dan kalsium juga butuh asam amino dan vitamin," ungkapnya.
 
Karena, lanjut Arziku kadar kandungan bahan organik dan unsur hara yang ada dalam tanah dibutuhkan tanah. Sehingga dengan sendirinya akan memperbaiki sifat, kimia dan biologi tadi tanah atau lahan pertanian.
 
 
Salah seorang petani lainnya, Asholikhudin (37) yang juga bercocok tanam dengan sistem organik memanfaatkan kotoran cacing. Ia pun merasakan manfaat kotoran cacing sebagaimana Arziku.
 
"Setelah satu tahun menggunakan pupuk organik, pelahan kondisi tanah menjadi subur dan penyerapan nutrisi oleh tanaman menjadi baik," ujarnya.
 
Seperti diketahui, keberadaan cacing tanah akan meningkatkan populasi mikroba yang menguntungkan tanaman. Tidak hayal kedepan biaya produksi semakin diperingan dengan tingkat kesuburan tanah yang tinggi.[dwi/ito]