Ponsel Korban Diambil dan Motor Dibuang

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Gerombolan pembalak yang menjarah kawasan hutan di Resort Pemangku Hutan (RPH) Wangun, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Sundulan, Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Perhutani Tuban, tampaknya sudah benar-benar merencanakan aktivitas jahat mereka.

Selain proses penyekapan yang berlangsung cepat, gerombolan pembalak langsung menyita ponsel milik korban dan mengambil baterai serta kartu provider. Kemudian, juga menyembunyikan dua motor milik kedua korban, supaya tidak bisa melarikan diri.

"Saya diikat dan hp langsung diambil, setelah diambil baterai dan kartunya kemudian dikembalikan lagi ke saku saya," jelas salah satu korban yang juga Kepala RPH Wangun, Yudi Riyanto, kepada blokTuban.com, Jumat (22/1/2016).

Penyekapan dilakukan mulai pukul 01.30 Wib Kamis (21/1/2016) dini hari, kemudian mereka bisa melepaskan diri setelah para pembalak ini pergi, dan membawa hasil jarahan pada kisaran pukul 03.30 Wib. Selama itu pula, para pelaku tidak banyak berbicara dengan para korban.

"Saya diikat menggunakan tali pramuka sehingga sulit lepas, beruntung Pak Rasdam diikatnya menggunakan tali yang lebih kecil sehingga bisa lepas setelah para pelaku pergi," jelas Yudi.

Setelah lepas, mereka kesulitan untuk meminta pertolongan. Selain ponsel mereka tidak bisa dipergunakan untuk komunikasi, juga dua motor mereka yang tidak diketahui tempatnya, karena disembunyikan para pelaku. Lokasi penyekapan juga mempunyai jarak tak kurang dari 2 kilometer dari Desa Wangun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

"Kami kemudian jalan kaki, minta tolong warga yang melintas malah ketakutan, dikira kami perampok karena lokasi ada di hutan," kata Yudi.

Merekapun sempat khawatir kejadian yang sama menimpa teman mereka di Pos jaga yang lain. Beruntung, mereka akhirnya mendapatkan pertolongan dan akhirnya dirawat di rumah sakit. Yudi mengalami luka seperti goresan sajam sedalam 1,5 cm dengan lebar 6 cm, sementara Rasdam mengalami luka memar di punggung, karena dipukul menggunakan pedang. [pur/rom]