Reporter: Ikhsanul Yazid

blokTuban.com - Fasilitas wifi gratis menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kopi di Jatirogo. Karena itu, untuk menarik pelanggan para pengusaha kopi pun bersaing menyediakan akses internet di lokasi usaha mereka.

Munawar satu pedagang kopi mengatakan, warung lebih ramai pengunjung setelah memasang fasilitas wifi. Karena, memang kebanyakan pengunjung dari kalangan pelajar sehingga setelah tiba waktu sekolah sampai malam hari warung ramai pengunjung selain minum kopi pengunjung juga memanfaatkan fasilitas wifi.

Munawar menambahkan biasanya warung ramai pada malam hari karena waktu yang tepat untuk bersantai dan berkumpul dengan teman sekolah. "Biaya pemasangan gratis dan harga untuk membayarnya Rp250/bulan untuk pendapatan alhamdulillah naik," tuturnya kepada bloktuban.com

Mufid (17) salah satu pengunjung mengatakan setelah pulang sekolah biasanya dia mampir dulu sebentar ke warung kopi sambil mengakses internet. "Pada malam hari biasa sampai larut malam karena selain santai pada malam hari teman-teman sudah tidak ada kesibukan bisa sambil ngobrol bareng dan main internet gratis tentunya," ujar Mufid, Rabu (20/1/2016).

Mufid beralasan dengan fasilitas wifi gratis di warung dia bisa menghemat dana untuk anggaran beli paket internet. "Kalau paketan sedang habis dan belum ada uang untuk membeli walaupun tidak ada temanya langsung tancap gas ke "lesehan" wifi (sebutan warkop) di Jatirogo," imbuh mufid.

Rohman yang juga pelanggan warung wifi menambahkan untuk group atau komunitas game online di Jatirogo tiap malam Minggu ngopi bareng. "pilihan yang tepat untuk kumpul bersama adalah warkop berfasilitas wifi selain menghemat paketan, juga untuk berjaga-jaga teman yang sedang kehabisan paket internetnya," tuturnya. [nul/col]