Komisi C: Jaringan Sejenis Gafatar Jangan Sampai Meluas

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban meminta kepada Polisi dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tuban untuk mengungkap jaringan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang juga merambah di Kabupaten Tuban.

"Jangan-jangan ada warga lain yang juga ikut terpengaruh dengan Gafatar, selain yang sudah diketahui," jelas Wakil Ketua Komisi C DPRD Tuban, Tri Astuti, Senin (18/1/2016).

Polisi perlu mengungkap jaringan Gafatar dan sejenisnya agar tidak meluas di tengah masyarakat. Sementara Disdikpora, juga harus mewaspadai jaringan ini agar tidak merambah lingkungan pendidikan, yang menjadi sasaran empuk tumbuhnya organisasi-organisasi terlarang.

"Jangan sampai Gafatar dan gerakan-gerakan sejenisnya meluas di Kabupaten Tuban," jelasnya.

Selain itu, perlu dilakukan pemahaman kepada masyarakat. Agar gerakan Gafatar, atau gerakan-gerakan lain tidak masuk di tengah-tengah mereka. Sebab, sekarang banyak organisasi terlarang yang berkedok organisasi sosial untuk menarik masyarakat.

"Adanya Perda akhlak mulia, juga bisa menjadi pegangan bagi Disdikpora untuk menanamkan ajaran ini di lingkungan pendidikan untuk membendung pengaruh organisasi-organisasi terlarang," tandasnya. [pur/ito]