Pengangguran di Desa Ring 1 Holcim Capai 50 Persen

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Meski termasuk dalam desa ring 1 PT.Holcim Indonesia, namun di Desa Merkawang, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban namun masih terdapat beberapa warganya yang berusia produktif tidak bekerja.

Sekretaris Desa (Sekdes) Merkawang Arifin mengatakan, pengangguran yang berada di Desa Merkawang masih mencapai 50 persen. Hal ini sangat besar bagi Desa yang termasuk salah satu ring 1 perusahaan besar.

"Hal itu dikarenakan di Desa Merkawang tidak ada pekerjaan selain itu. Apalagi, parekrutan di PT. Semen Indonesia terbatas. Selain itu warganya minim dalam Keahlian dan Skill," ujarnya, Jumat (15/1/2016).

Arifin menambahkan, dari angka pengangguran yang masih mencapai 50 persen, 50 persen sisanya merupakan pekerja serabutan. "Kalau harapan dari desa usia produktif bisa direkrut," harapnya.

Sebelumnya pelatihan-pelatihan telah dilakukan oleh PT. Holcim Indonesia, namun belum ada kelanjutanya. Untuk mengurangi besarnya angka pengangguran, Pemdes Merkawang berharap pemberdayaan melalui pelatihan terus diberikan kepada warga desa setempat.

"Harapannya pemberdayaan melalui pelatihan- pelatihan terus dilakukan oleh Holcim agar warga dapat berwirausaha," pungkas Arifin. [hud/lis]

Ilustrasi: jogja.tribunnews.com