Pasca Tahun Baru, Harga Bahan Makanan Normal

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Harga sayur dan bahan makanan lain di pasar tradisional Tuban mulai berangsur normal pasca perayaan Natal dan Tahun Baru ini. Sebelumnya, sempat ada kenaikan harga karena permintaan dan konsumsi tinggi yang tidak diimbangi dengan ketersediaan stok.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, Sabtu (9/1/2016) pagi ini, beberapa komoditas sayur yang sempat naik sampai Rp900, kini sudah kembali ke harga semula. Begitu juga dengan aneka bumbu dapur yang sempat naik sekitar Rp1600 dan daging sapi ataupun daging ayam.

"Sekarang sudah kembali lagi harganya, kemarin naik hampir seribu, itu sudah sangat banyak untuk sayur mayur," terang pedagang di Pasar Baru, Jalan Gajah Mada, Tuban, Dahlan (44), kepada blokTuban.com.

Harga bahan pokok yang dihimpun blokTuban.com, diantaranya adalah sayuran kubis dari Rp9800 sekarang turun seharga Rp9.200 per kilogram, tomat dari harga Rp8.600 per kilogram sekarang sudah normal menjadi Rp8.200, kentang dari Rp15.900 per kilogram, sudah normal menjadi Rp15.400.

"Begitu juga dengan wortel, buncis, dan sayuranlain sudah turun semua karena stok memang ada," lanjut Dahlan,

Selain itu, penurunan harga juga ada di bumbu dapur, seperti cabai dan bawang. Seperti harga cabai rawit yang turun dari Rp31.100 menjadi Rp30.000 perkilogram, sementara untuk bawang merah dari harga Rp26.000 turun menjadi Rp24.800.

"Ini sudah menjadi hukum pasar, kemarin harga tinggi karena memang permintaan sedang tinggi," jelas Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata, Farid Achmadi, kepada blokTuban.com. [pur/rom]