BLH Akan Ajukan Lima Sekolah Adiwiyata Mandiri

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Tuban akan mengajukan lima sekolah asal Kabupaten Tuban menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Informasi yang diterima blokTuban.com, ke lima sekolah ini berasal dari berbagai jenjang. Di antaranya adalah Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kebonsari, Kecamatan Tuban, SDN Wolutengah, Kecamatan Kerek, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Tuban, SMPN 3 Tuban, dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tuban.

"Ini merupakan cara untuk menjaga kelestarian hidup melalui edukasi bagi pelajar di Tuban," jelas Kepala Bidang (Kabid) Pelestarian dan Kemitraan BLH Tuban, Singgih Suyoto, Kamis (31/12/2015).

Apabila lima sekolah ini berhasil meraih Adiwiyata Mandiri. Maka, akan menjadi pelopor bagi terbentuknya 10 sekolah lain untuk menjadi adiwiyata pertama. Kelima sekolah ini, akan menjadi salah satu penggerak atau pengaruh bagi sekolah lain untuk mengikuti jejak yang sama.

Sebelum menjadi Adiwiyata Mandiri, sekolah yang diajukan harus mengikuti berbagai seleksi mulai dari tingkat kabupaten sampai nasional. Setelah berhasil meraih penghargaan ini, sekolah Adiwiyata Mandiri mempunyai tanggung jawab memberi pengaruh wawasan lingkungan kepada sekolah lain di satu kabupaten.

"Semoga ini berhasil dan bisa menjadi salah satu cara pelestarian lingkungan hidup," tandasnya. [pur/col]

Ilustrasi: www.rri.co.id