Pak Tua, Mengais Rejeki dari Kursi Rotan

Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Seorang lelaki tua tengah memikul sebuah kursi rotan di sepanjang Jl. Basuki Rahmat, lelaki tersebut adalah Suraji, warga dari Desa Penambangan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Suraji adalah lelaki tua yang menjual kursi terbuat dari anyaman rotan, ukuran panjang kursi tersebut bisa dipakai untuk rebahan atau tidur sembari beristirahat. Dalam proses pembuatan kursi rotan, Suraji mengerjakan seorang sendiri, namun untuk bahannya ia beli dari orang lain.

"Proses pembuatan rotan saya kerjakan sendiri, pembuatannya memakan waktu hingga 10 sampai 15 hari, maka saya biasanya masuk kota untuk menjual kursi ini sekitar 15 hari sekali," terangnya kepada blokTuban.com

Suraji menambahkan, bahwa dalam menjual kursi rotan, dia mulai berangkat dari rumah pukul 03.00 WIB menuju kota, sebuah perjalanan yang memakan waktu cukup lama. Sebab pada saat berangkat, dia membawa kursi rotan tersebut dengan cara memikul.

"Usia saya sudah ada sekitar 60 tahun, meskipun berat namun saya harus melakukan pekerjaan ini, karena untuk menyambung hidup. Kursi rotan panjang ini saya jual dengan harga 350 ribu," pungkasnya. [nok/rom]