Desa Maindu Diharapkan Jadi Wisata Kampung Buah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Desa Maindu, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban mempunyai banyak potensi yang dapat dikembangkan, salah satunya tanah yang subur di atas pegunungan.

Melihat potensi itu, Perhutani Resor Pemangku Hutan (RPH) Kebonagung, bersama Perempuan Peduli Hutan (PPH), Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban melakukan penanaman pohon buah di desa setempat, Sabtu (26/12/2015).

Penanaman pohon yang dipimpin oleh Waka ADM Tuban, Barat Muchlisin ini diikuti oleh Kepala Desa (Kades) Desa Maindu, Tulip Adi Tahar serta Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban, Pipiet Wibawanto serta anggota Pramuka Kecamatan Montong.

Waka ADM Tuban Barat Muchlisin mengatakan, dengan penanaman pohon buah ini kami akan mengembangkan potensi yang berada di Desa Maindu menjadi kampung buah di Kabupaten Tuban, buah yang kami tanam mempunyai nilai ekonomis yakni sukun, jeruk, sirsak, dan kepoh.

"Di Desa Maindu mempunyai potensi hutan yang rindang dan pemandangan gunung yang indah, cocok untuk dijadikan wisata Kampung Buah," ungkap Muchlisin kepada blokTuban.com.

Selain pengembangan hutan lindung, bertujuan juga menyelamatkan sumber mata air untuk dipakai pertanian. Penanaman pohon buah ini juga mempunyai tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa setempat.

"Selain penanaman pohon buah ini bertujuan menyelamatkan sumber mata air untuk pertanian, hasil dari pohon buah juga bisa dipasarkan dan mempunyai nilai ekonomi," katanya.

Untuk pengembangan ke depannya, Muchlisin berharap bisa memperbanyak menanam jenis pohon buah, "Dan akan menjadikan Desa Maindu ini sebagai wisata Kampung Buah Kabupaten Tuban" jelas ADM Tuban. [hud/rom]