Tak Melaut, Nelayan Perbaiki Perahu dan Alat Tangkap

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Nelayan yang ada di desa-desa pesisir Tuban, mengisi waktu luang dengan membenahi perahu dan alat tangkap selama cuaca buruk melanda perairan laut utara.

Cuaca buruk melanda laut utara sejak hampir satu minggu terakhir. Angin kencang dan gelombang tinggi membuat nelayan lebih memilih menambatkan perahu demi keselamatan.

Pantauan blokTuban.com, sejumlah nelayan tampak menambatkan perahunya di tepi pantai. Beberapa ada yang menambal lubang, mengecat ulang, ataupun mengganti peralatan lain yang ada di perahu.

"Ini saya dempul dulu, mumpung tidak dipergunakan perahunya,'' terang salah satu nelayan di Pantai Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Sumijan (52), kepada blokTuban.com, Senin (21/12/2015).

Selain itu, ada juga nelayan yang memperbaiki alat tangkap berupa jaring. Salah satu cara perbaikan alat tangkap ini adalah dengan menyulam kembali di beberapa bagian yang berlubang.

"Aktivitas ini kita lakukan, agar ketika cuaca membaik semua perlatan sudah siap untuk dipergunakan," kata nelayan lain, Marnang, kepada blokTuban.com. [pur/col ]