Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Jalan Pemuda merupakan salah satu kawasan sentral di Tuban yang mempunyai potensi untuk dijadikan kawasan bisnis bagi calon pengusaha-pengusaha muda. Seperti yang kita ketahui tempatnya yang strategis, membuat banyak orang berani membuka usaha di jalan tersebut. Di sepanjang jalan banyak sekali toko-toko yang menjual barang dagangannya, ada toko buku, sepatu, kain, minyak pakaian, namun siapa sangka bahwa setiap pagi kawasan bisnis tersebut disulap menjadi pasar kue.

Seorang penjual kue, Saripah, mengatakan, setiap pagi dia selalu menjual kue di Jalan Pemuda. Dia membuka lapak dari pukul 05.00 WIB sampai pukul 07.00 WIB, hal tersebut sudah dilakukannya selama dua tahun. Aneka macam kue pun dijualnya, mulai dari kue lapis, pastel, lemper, dan beberapa kue lainnya. Namun setelah menginjak pukul 07.00 WIB dirinya bergegas untuk membereskan jualannya, karena toko yang halamannya dipakai berjualan akan segera buka.

"Yang jual disini rata-rata orang sekitar kota saja, saya orang Sugiharjo, Kecamatan Tuban, kalau untuk pembeli itu yang lumayan jauh, ada dari Jenu, Tambakboyo, Bancar, Palang, dan beberapa kecamatan-kecamatan lainnya, ya maklumlah karena pusat jajanannya disini, jadi pedagang kue dari kecamatan lain juga ngambilnya ke sini," imbuhnya kepada blokTuban.com

Pedagang lain, Heri, megungkapkapkan, dia membeli kue untuk dijajakan kembali. Selanjutnya dia akan menjualnya ke desa-desa dengan menggunakan kendaraannya.

"Kue ini saya jual di desa-desa, sekarang saya mau jual ke Widang, kalau jualnya di desa-desa itu lumayan lakunya, ya kadang habis kadang juga sisa, namanya juga jualan," ungkapnya.

Berdasarkan pantauan blokTuban.com pasar kue di Jalan Pemuda setiap harinya selalu ramai dari pukul 05.00 WIB sampai pukul 07.00 WIB. Setelah waktu menunjukkan pukul 07.00 WIB pasar kue ini mulai sepi, karena penjual kue mulai memindahkan barangnya dan melanjutkan jualannya di Pasar Baru Tuban. [nok/col]