Joko Ludiono: Bantuan Family Kid Standart Operasional

Repoter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Bantuan yang diberikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban kepada korban bencana puting beliung, Selasa (15/12/2015), merupakan bentuk standart operasional bantuan BPBD.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga Dusun Betengrowo, Desa Rahayu, Kecamatan Rengel yang menjadi korban puting beliung menerima bantuan untuk memenuhi kebutuhan sementara, seperti sembako, selimut, tikar dan satu tas atau family kid. Di dalam tas berisi keperluan bayi seperti perlak, gendong, bedak, dot dan baju.

"Bantuan yang diberikan merupakan standat operasinal atau bantuan emergency, sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap korban bencana alam," kata Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono.

Menurut Joko, dari segi jumlah bantuan yang diberikan memang belum bisa disepdankan dengan kerugian yang ditanggung korban puting beliung. Setidaknya bisa membantu warga dalam satu atau dua hari memenuhi kebutuhan, dan sementara dilakukan perbaikan rumah.

Family kid, lanjut Joko, merupakan bantuan yang didasarkan pada kebutuhan pokok. Seperti peralatan mandi, handuk dan sikat gigi. Merupakan bentuk kecil, ketika rumah rusak paling tidak bisa membantu korban bencana.

"Untuk bantuan fisik, seperti perbaikan rumah merupakan wewenang pemerintah desa dan kecamatan setempat. Dilihat dari tingkat kerusakan, jika memang diperlukan seperti dana yang tidak dirancanakan, maksimal pemberian bantuan mencapai Rp2 juta," tungkas Joko. [dwi/rom]