Jembatan Tingkis Ambrol, Diperbaiki Secara Swadaya

Reporter: Ahmad Syahid

blokTuban.com - Akibat hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tuban dan sekitarnya jembatan di Desa Tingkis, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban ambrol. Akhirnya, saat ini jembatan yang rusak itu diperbaiki dengan biaya swadaya masyarakat.

Kepala Desa Tingkis, Cahyo Bambang Trinoto, mengatakan, jembatan tersebut merupakan akses utama warga untuk ke kecamatan maupun daerah lainya. Sehingga ketika jembatan putus, otomatis akan mengurangi perputaran ekonomi warga. Oleh karenanya, saat ini dilakukan perbaikan bersama warga secara swadaya, karena belum ada anggaran.

"Saat ini warga sekitar sedang bergotong royong untuk membangun jembatannya untuk sementara, agar bisa digunakan lewat warga. Karena jembatanya merupakan akses utama untuk keluar dari desa. Sebenarya sudah kami sampaikan ke Kecamatan dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Agar segera ditangani dan diperbaiki dengan maksimal," jawabnya.

Salah satu relawan, Sutoyo (45), menjelaskan, jembatan itu sangat penting bagi warga Tingkis. Oleh karena itu, masyarakat sekitar segera memperaikinya agar bisa dilewati lagi meskipun hanya sementara dan apa adanya. Pihaknya berharap agar segera dibangun lagi jembatanya yang ambrol karena banjir dan sudah tua kontruksi bangunannya.

"Ya seharusnya segera diperbaiki, karena ini akses utama warga. Karena dari pemerintah belum ada tindakan, maka kami dari warga melakukan gotong royong secara swadaya dulu, sambil nunggu," ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua RT tersebut kepada blokTuban.com.

Salah satu warga Tingkis, Tono (45) juga berharap hal yang sama, agar segera ditangani pemerintah dengan cepat. Sebab warga Tingkis hanya mengandalkan jembatan itu untuk akses keluarnya. "Semoga cepat dapat bantuan untuk pembangunan jembatan ini. Kalau swadaya seperti bila ada hujan lebat lagi dan banjir maka akan ambrol lagi," pungkasnya. [hid/col]