Jalin Komunikasi Sambil Minum Kopi

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sebagai abdi negara, atau pegawai yang mempunyai peran penting di masyarakat tentu harus bisa menjalin komunikasi dengan baik. Seperti camat, yang mempunyai peran penting serta membawahi seluruh desa yang ada di wilayah kecamatan tertentu. Masyarakat sudah pasti ingin lebih dekat dan mengenal siapa yang memimpin kecamatannya. Seperti Camat Merakurak, Sugeng Winarno, yang mempunyai cara unik untuk menjaring aspirasi dan lebih dekat dengan masyarakat.

Selama ini, pria yang lahir pada 17 Maret 1971 silam ini, sering mampir ke desa-desa untuk sekadar minum kopi dengan masyarakat secara langsung. Contohnya, ketika akan berangkat ke kantor, pasti akan mampir ke desa yang dilewati. Begitu juga dengan perjalanan pulang ataupun dikesempatan yang lain.

"Saya pasti sendirian agar tidak dianggap sedang dinas, kalau dalam kondisi santai warga pasti bisa lebih akrab dan dekat dengan kita," terang bapak dua anak ini menjelaskan.

Cara ini sudah dilakukan Sugeng Winarno selama bertahun-tahun. Baik ketika dia menjabat sebagai Camat Bangilan, ataupun ketika dia sudah menjabat sebagai Camat Merakurak. Tampaknya, pria 44 tahun ini juga mudah panik apabila ada musibah menimpa salah satu warganya. Seperti kisah, dimana dia langsung lari begitu mendengar kabar ada rumah warga yang roboh disapu puting beliung. Padahal saat itu, dirinya tengah berada di tukang potong rambut.

"Rambut saya dipotong baru separuh, langsung lari keluar begitu dapat telepon. Untungnya saya ingat, jadi balik lagi masuk ke tukang potong rambut untuk melanjutkan," ceritanya, sembari tertawa mengenang kejadian tersebut.

Sugeng mengawali karirnya setelah lulus dari Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) pada tahun 1995 silam. Karir pertama dia adalah staff di Pemerintah Daerah (Pemda) selama 2 tahun. Kemudian kembali melanjutkan pendidikan di Institut Ilmu Pemerintahan (IPP) Jakarta, dan menjabat sebagai Kasubag di Bagian Pemerintahan Desa, setelah lulus.

Selanjutnya, dia dipercaya sebagai Sekretaris Kelurahan Ronggomulyo, kemudian menjadi Lurah Ronggomulyo, dan selanjutnya menjadi Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Bangilan, kemudian diangkat sebagai Penanggung Jawab (PJ) Bangilan dan diangkat menjadi Camat di Bangilan sekitar 1,5 tahun setelahnya, dan resmi menjabat sebagai Camat Merakurak mulai tanggal 31 Desember tahun 2011 sampai sekarang. [pur/rom]

Profil Singkat Camat Merakurak:

Nama: Drs Sugeng Winarno, MM (44)
Lahir: Tuban 17 Maret 1991
Istri: Sri Puji Utami (40)
Anak : 1. Rakha Citra Permana Adinata (15)
            2. Febriansyah Citra Adikusuma (11)
Alamat: Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Gang Nakula, Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding, Tuban.