Desa Bancar Miliki Ikon Jangkar Kuno Raksasa

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Masyarakat Desa Bancar, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban mempunyai ikon yang menarik di Desanya, setelah mereka menemukan Jangkar yang berukuran sangat besar di perairan laut Bancar.

Ukuran jangkar tersebut diperkirakan panjang sekitar 5 meter, dengan lebar ujung jangkar sekitar 3 meter.

Seorang warga sekitar, Abdul Wahab (40), mengatakan jangkar tersebut ditemukan oleh nelayan, jangkar diangkat secara bersama-sama nelayan, karena ukurannya yang sangat besar.

Saat blokTuban menemui Kepala Desa Bancar, Mukzi, mengatakan bahwa keberadaan jangkat tersebut diyakini adalah jangkar milik kapal Lasamana Cheng Ho atau yang dikenal dengan Dampu Awang.

Ada dua jangkar yang ditemukan warga, yang pertama ukurannya sangat besar, ditemukan pada sekitar tahu 1970 an, dan saat ini jangkar tersebut sudah dibawa museum di surabaya.

Dan yang kedua ini ditemukan pada sekitar tahun 1998, saat ini jangkarnya ada di dekat pantai, tepatnya dekat rumah Abdul Wahab.

"Jangkar yang kedua ini juga mau dimabil oleh pemerintah untuk dimuseumkan, namun warga menolak, karena sudah merasa memiliki," imbuh Mukzi.

Diketahui bahwa Dampu Awang adalah suadagar kaya dari china yang mencoba keberuntungannya ditanah jawa, tepatnya di Kabupaten Rembang.[nok]