Perempuan Masih Dominasi Pemilih ke TPS
Reporter: Dwi Rahayu/M.A. Qohhar
 
blokTuban.com - Dibandingkan dengan laki-laki, pemilih berjenis kelamin perempuan masih cukup dominan data ke Pempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tuban yang digelar Rabu (9/12/2015). Hal itu tampak di beberapa desa yang ada di Kecamatan Soko dan Rengel, Kabupaten Tuban.
 
Seperti terlihat di Desa Pandanwangi, Kecamatan Soko, Tuban. Dari jumlah warga yang tercantum di Daftar Pemilih Tetap (DPT), setengah lebih yang datang sementara ini adalah perempuan. Sementara itu untuk pemilih laki-laki tidak sampai 40% yang datang ke TPS sampai pukul 10.00 WIB, sedang perempuan di atas 60%.
 
"Memang perempuan yang masih banyak ke TPS, sedangkan laki-laki jarang yang memilih," kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 2 Desa Pandanwangi, Budiono.
 
Sementara itu di desa lain kondisinya juga sama, pemilih perempuan yang mendominasi berbondong-bondong ke TPS. Seperti di Desa Sandingrowo dan Rahayu, Kecamatan Soko. "Tadi habis masak langsung ke TPS, ternyata masih sepi dan hanya ibu-ibu yang nyomblos," tegas salah seorang ibu asal Desa Sandingrowo sambil menggendong anaknya.
 
Menurutnya jika selama ini perempuan yang lebih peduli menggunakan hak pilih. Sedangkan laki-laki seperti asal-asalan saja. "Bisa dilihat sendiri, walaupun dengan mengajak anak ke TPS, tetap saja menggunakan hak pilih," sambung pemilih lain, Sofi.
 
Sementara itu Reny Rika, warga Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel, Tuban, juga mengatakan yang sama. Jika sejak pagi yang datang ke TPS banyak perempuannya dibanding kaum Adam, sebutan lain laki-laki. Rata-rata, ibu-ibu datang setelah masak dan mengajak anaknya. "Enak pagi, setelah nyoblos bisa beraktivitas lagi," sambungnya. [dwi/mad/ito]