Reporter: Ahmad Syahid

blokTuban.com - Antusias pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tuban terindikasi menurun. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pemilih di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sepi. Tak terkecuali di kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban.

Dari pantauan blokTuban.com di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) se kecamatan Singgahan terlihat sepi. Antusias pemilih yang sudah masuk di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sekitar pukul 10.30 WIB hampir di setiap TPS baru mencapai 20 %.

Ketua TPS 02 Desa Lajukidul, Kecamatan Singgahan, Saefudin mengatakan, pihaknya sudah maksimal dalam memberikan surat panggilan ke daftar pemilih tetap yang telah ditentukan. Namun minat masyarakat sangat minim. Dari 539 DPT, baru 125 pemilih yang sudah menggunakan hak suaranya.

"Karena dianggap kurang menarik para calonya, sehingga sepi pemilihnya," ujarnya kepada blokTuban.com.

Sementara itu, Anggota KPPS Lajolor, Sohibul Adib menyampaikan hal yang sama, bahwasanya pemilukada tahun ini antusias warga terindikasi menurun. Sebab selain masyarakat banyak yang memilih bekerja mereka beranggapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban tahun ini sepi, partisipasi warga menurun. Sebab banyak yang malas menggunakan hak suaranya.

"Ini sangat sepi, baru 20 sampai 30% pemilih dari DPT," jawabnya kepada bT, sebutan blokTuban.com.

Komisioner PPK Singgahan, Agus Umar Faruq berharap, jumlah pemilih bisa bertambah lagi, jangan sampai masyarakat kita banyak yang golput atau tidak memilih.

"Meskipun sampai saat ini masih terlihat minim, semoga nanti pemilihnya bisa bertambah lagi, sehingga banyak yang menggunakan hak suaranya" ujarnya kepada blokTuban.com.[hid/ito]