Hujan Datang, Sungai Banyu Langsih Keruh

Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Sungai Banyu Langsih yang berada di Desa Boto, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, memiliki air yang bersih yang berasal dari sumber mata air. Sungai tersebut menjadi salah satu destinasi favorit wisata alam Kabupaten Tuban. Namun, kini kondisinya dalam keadaan keruh dan terlihat berwarna kecoklatan akibat curah hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tuban dan sekitarnya.

Hujan yang turun sejak dua hari terakhir, menyebabkan air sungai yang awalnya jernih dan banyak dikunjungi wisatawan untuk mandi, saat ini kotor penuh dengan warna coklat keruh.

 tidak seperti biasanya yang dalam keadaan bersih, yang selalu terlihat para wisatawan untuk mandi di sungai tersebut, dengan sesekali sambil menggunakan gaya lompatan layaknya atlit, bukan hanya wisatawan saja yang menggunakan sungai tersebut, namun warga sekitar juga masih memanfaatkan sungai tersebut untuk mandi ataupun untuk mencuci pakaian.

Seorang wisatawan asal Bojonegoro, Winarko mengatakan, dirinya datang bersama keluarga, istri dan dua orang anaknya.  Biasa kalau ke Semanding pasti menyempatkan untuk mampir ke Sungai Banyu Langsih Desa Boto, karena memang sungainya masih alami dan airnya juga dari sumber mata air.

"Melihat kondisi air sungai yang keruh, maka saya putuskan untuk melihat keindahan Sungai Banyu Langsih dari ketinggian sambil melihat indahnya Tuban diatas ketinggian,"ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Eko. Pemuda asal Kecamatan Rengel itu menyayangkan kondisi sungai yang keruh itu. "Saya bersama teman-teman saya memutuskan hanya sekedar untuk melihat-lihat di dekat jembatan sekitar lokasi saja," kata Eko. [nok/ito]