Antisipasi Prahu Tenggelam, Nelayan Karang Sari Siaga

Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Hujan deras yang mengguyur Kota Tuban, membuat sebagian nelayan Karang Sari untuk senantiasa waspada terhadap hujan susulan yang akan datang pada malam hari, diketahui hujan yang turun sejak kemarin Sabtu (5/12/2015), mengkibatkan sejumlah daerah banjir.

Saat malam tiba, nelayan Karang Sari selalu mengecek kondisi perahu yang ada di laut, hal tersebut selain untuk mengetahui apakah ada pengaruh ombak besar, juga untuk melihat cuaca mendung yang berpotensi mengakibatkan turunnya hujan, maka nelayan bersiap-siap untuk menarik perauh ketepian pantai.

Menurut seorang nelayan, Zainul (30), mengatakan bahwa saat menjelang musim hujan seperti saat ini, nelayan harus ekstra siaga, mengingat hujan yang turun sewaktu-waktu bisa mengancam perahu mereka. Nelayan pun banyak yang datang ke laut untuk melihat kondisi perahu, apalagi sejak Minggu sore hujan kembali mengguyur Tuban.

"Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi apakah ada volume air yang masuk dalam perahu akibat curah hujan yang tinggi atau tidak, karena hal tersebut dilakukan untuk memastikan agar kondisi perahu benar-benar dalam keadaan aman," ungkapnya.

Hal tersebut juga diutarakan nelayan lain, Ut (25), bahwa saat musim hujan tiba seperti akhir-akhir ini, membuat nelayan harus melakukan pengawasan terhadap perahu masing-masing, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi apabila terjadi hujan deras sewaktu-waktu yang bisa mengakibatkan perahu tenggelam. [nok/mu]