Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Hujan deras yang mengguyur sebagian Kabupaten Tuban mengakibatkan banjir bandang di beberapa area persawahan petani. Salah satunya terjadi di Desa Kapuh, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, pada Sabtu (5/12/15) malam.

Dampak dari hujan deras tersebut membuat petani Desa Kapuh terancam gagal tanam padi. Pasalnya, lahan pertanian mereka terendam air sehingga para petani hanya bisa menunggu air surut.

Ditemui blokTuban.com, seorang petani Desa Kapuh, Karsiem (53), mengatakan hujan deras yang mengguyur semalam menyebabkan banjir di sawah. Akibatnya petani gagal menanam padi.

"Biasanya dua sampai tiga hari baru bisa surut, namun apabila terjadi hujan lagi ya banjir lagi, semoga tidak hujan dulu dan air cepat segera surut agar kami bisa segera menanam padi," imbuhnya.

Petani lain juga mengatakan hal yang sama, Ruminah (55), menjelaskan bahwa petani Kapu gagal menanam padi karena hujan deras yang mengguyur semalam. Padahal sudah waktunya petani menanam padi karena ini adalah
bulan utama musim menanam padi.

Selain mengakibatkan banjir di lahan persawahan, hujan deras semalam juga mengakibatkan jalan Desa Kapuh tergenang air, sehingga mengakibatkan akses transportasi terganggu. [nok/col]