Hujan Deras, Nelayan Batal Melaut

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Hujan deras yang terjadi belakangan hari ini tak hanya mengguyur Kota Tuban dan kecamatan terdekat di sekitarnya. Namun hujan deras juga mengguyur Bumi Wali bagian barat, tepatnya di Kampung Bulu, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban.

Hujan yang turun pada, Minggu (6/12/2015) siang, menyebabkan hampir seluruh Nelayan Purse Seine Bulu atau yang lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan nelayan Korsen Bulu batal melaut, dengan pertimbangan keamanan dan keselamatan dalam berlayar.

Seorang nelayan, Ahmad (29), mengatakan hujan deras yang sudah turun sejak siang tadi, menyebabkan nelayan yang sudah berkemas dan bersiap-siap untuk berangkat berlayar menangkap ikan seperti biasanya, harus membatalkan rencana berlayarnya

"Banyak sekali nelayan yang batal melaut, kemungkinan besar hampir semua Nelayan Purse Seine batal melaut. Karena cuaca yang sedang tidak mendukung, lantaran hujan deras yang mengguyur dan takut jika hujan tak kunjung reda saat berlayar," katanya.

Nelayan lain juga menyampaikan hal senada, Dedi. Pria 23 tahun itu mengatakan, hujan deras siang ini membuat nelayan harus kembali pulang ke rumah, dan mengurungkan niatnya untuk berlayar. "Mungkin untuk yang sedang capek atau pegal bisa dijadikan untuk waktu istirahat," ujar Dedi.

Berdasarkan pantauan blokTuban.com, terlihat banyak perahu nelayan Purse Seine Bulu sedang bersandar di Dermaga Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Bulu, karena batal berlayar. [nok/ito]