Jamu Gendong Masih Menjadi Favorit Masyarakat

Reporter: Nurul Huda

blokTuban.com - Sebagian masyarakat Kabupaten Tuban masih menyukai ramuan-ramuan tradisional, yang mana ramuan tersebut hasil dari rempah-rempah asli dari bumi Indonesia  dan bebas dari bahan kimia.

Seperti halnya jamu gendong dari Kecamatan Parengan ini, yang masih menjadi favorit sebagian masyarakat di Kabupaten Tuban. Setiap hari pasti kita akan menjumpai seorang perempuan yang menggendong jamu di atas punggungnya, berjalan kaki keliling untuk menjajakan jamu gendongnya di beberapa wilayah bumi wali.

Penjual jamu gendong, Khodijah (40), mengaku dirinya suda hampir 25 tahun menjual jamu gendong. Dan untuk penjual jamu gendong sendiri ada sekitar 150 orang yang menyebar di seluruh wilayah Kabupaten Tuban.

"Anggota tersebut dari kecamatan parengan semua" tambahnya.

Para pembeli kebanyakan orang dewasa, agar tenaga mereka bertambah vit lagi. Seperti yang dikatakan salah satu penikmat jamu gendong, Suwito (33), mengaku setiap jamu gendong ini lewat pasti dirinya membeli, dan hanya dengan 2000 rupiah sudah mendapatkan 1 gelas jamu.

"Setelah seharian bekerja rasanya badan capek, dan jamu gendong itu dapat membantu meringankan badan." jelasnya.

Kalau lagi ramai, penjual jamu gendong bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda antara Rp350 ribu sampai Rp400 ribu. [hud/mu]