Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sejumlah pelajar berseragam abu-abu, dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tuban, membagikan ratusan bunga kepada pengguna jalan di traffic light, Jalan Pramuka, Tuban, Selasa (01/12/2015).

"Ini peringatan Hari Aids Sedunia yang jatuh tanggal 1 Desember," jelas salah satu pelajar, Angga (16), kepada blokTuban.com.

Data resmi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, pengidap HIV/AIDS mencapai 81 orang per bulan Oktober 2015 tahun ini. Sementara pada tahun 2014 lalu jumlahnya mencapai 99 penderita. Dari jumlah 99, beberapa orang diketahui sudah meninggal dunia tahun ini.

Angga menerangkan, ada 200 bunga mawar yang mereka buat sendiri. Pelajar berharap, masyarakat dan generasi muda bisa menjauhi AIDS dan segala macam pemicunya. Salah satunya adalah penggunaan narkoba, seks bebas, dan juga faktor lain.

Meski pelajar meminta agar menjauhi semua pemicu AIDS, tetapi mereka meminta agar tidak menjauhi korban pengidap AIDS. Sebab, pengidap AIDS sangat membutuhkan suport dari lingkungan sekitar.

"Jauhi AIDS, tapi jangan sampai menjauhi penderitanya," jelas Angga. [pur/col]