Ha...Andaikan Kau Datang, Bukan Lagu Cinta?

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - "Andaikan kau datang kembali. Jawaban apa yang akan kuberi. Adakah jalan yang kau temui. Untuk kita kembali lagi".

Penggalan lirik lagu Andaikan Kau Datang, karya Koes Plus, tentu bukan hal asing di telinga kita. Bahkan, sebagian orang akan langsung ikut bernyanyi. Banyak juga orang yang menyanyikan lagu ini di acara-acara yang diikuti.

Tapi siapa sangka, lagu yang terdengar romantis ini bukan lagu asmara seperti yang disangka selama ini. Lagu yang diciptakan musisi kondang asal Tuban, Almarhum Tonny Koeswoyo ini ternyata sarat dengan nilai religi.

Personil Koes Plus, Yok Koeswoyo, yang datang di Penutupan Hari Jadi Tuban (HJT) bercerita mengenai lagu ini. Lagu yang menggambarkan kegelisahan sang pencipta lagu, Tonny Koeswoyo, sebelum meninggal dunia.

"Andaikan kau datang kembali, jawaban apa yang akan kuberi. Itu kata Mas Tonny pernah bilang kalau dia kapundut (meninggal dunia) mau jawab apa?" cerita Yok Koeswoyo.

Jawaban yang dimaksud Yok, adalah pertanyaan-pertanyaan yang diyakini seorang muslim ketika di alam kubur. Meliputi siapa Tuhanmu? Apa Agamamu? dan seterusnya.

"Kiro-kiro sok mben jawab opo yo?" kata Yok menirukan ucapan almarhum Tonny Koeswoyo.

Lagu ini, salah satu cara Koes Plus menyampaikan pesan dalam bermusik. Supaya musik-musik religi bisa diterima remaja saat itu, maka dikemas seperti lagu cinta yang romantis.

"Intinya lagu itu ya kalau dipanggil mau jawab apa?" tegas Yok.

Apabila diteliti lebih dalam, lagu ini memang kental suasana religi. Cerita tentang perjalanan hidup seseorang, mengenang kasih sayang Tuhan, dan ingatnya seseorang akan kematian. Berikut lirik lengkap dengan judul Andaikan Kau Datang yang populer sampai sekarang [pur/ito].

Lirik Lagu "Andaikan Kau Datang"

Terlalu indah di lupakan
Terlalu sedih di kenangkan
Setelah aku jauh berjalan
Dan kau ku tinggalkan


Betapa hatiku bersedih
Mengenang kasih dan sayangmu
Setulus pesanmu
Kepadaku
Engkau kan menunggu
**
Andaikan kau datang kembali...
Jawaban apa yang kan kuberi...
Adakah jalan yang kau temui
Untuk kita kembali lagi

**
Bersinarlah bulan purnama
Seindah serta tulus cintanya
Bersinarlah terus sampai nanti
Lagu ini ku akhiri

 

Foto ilustrasi: .net