Sedekah Laut, Nelayan Arak Kepala Sapi di Pantura

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Seratusan lebih nelayan melakukan ritual sedekat laut dengan mengarak kepala sapi dan bekakak berupa perahu kecil berisi aneka sesaji di Jalur Pantura Tuban, Rabu (25/11/2015).

Selain kepala sapi dan bekakak, nelayan juga membunyikan musik tongklek. Tampak mereka bergembira sembari bernyanyi bersama.

Arak-arakan dari Paguyuban Nelayan Bahari, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban ini berangkat dari depan Polsek Tuban. Kemudian berjalan di sepanjang Jalan Panglima Sudirman menuju pantai gerdu laut, yang terletak di depan Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Tuban.

Meski melakukan pawai di jalur Pantura, tetapi lalu lintas di jalur nasional ini tampak lancar. Karena selain nelayan berlaku tertib dengan hanya menggunakan setengah jalur, lalu lintas juga diatur petugas kepolisian yang menjaga acara tahunan milik warga ini.

"Ini lalu lintas memakai sebagian, kita akan membantu agar acara nelayan ini berjalan lancar," jelas Kapolsek Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Supar. [pur/ito]