Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sebanyak 500 warga, mengikuti simulasi penanggulangan bencana kegagalan teknologi  yang diselenggarakan Joint Operating Body Pertamina - Petrochina East Java (JOB P-PEJ) di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Selasa (24/11/2015).

Komandan Koramil (Danramil) Kapten Infanteri Edi Suyanto selaku tim evakuasi mengatakan, warga yang mengikuti simulasi terdiri dari tiga dusun sekitar lokasi pabrik.

"Masing-masing warga berasal dari Dusun Sarirejo sejumlah 250 warga, Dusun Gandu sejumlah 150 warga dan Dusun Delik 100 warga," ungkapnya.

Dalam simulasi itu, lanjut Edi. sejak pagi warga yang dikoordinasikan oleh ketua RT masing-masing, berkumpul di lokasi titik aman. Mereka kemudian diangkut menggunakan truk menuju lokasi yang lebih aman.

Ada empat lokasi yang dijadikan tempat simulasi evakuasi warga, yaitu di lapangan Balai Desa Rahayu, Lapangan Dusun Losari, lapangan volly Bungjo dan titik berkumpul aman yang ke dua di lapangan Desa Sokosari.

"Simulasi ini dilakukan guna kebaikan masyarkat sendiri, Jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan, warga tahu apa harus dilakukan," terang Edi.

Simulasi ini diikuti seratus lebih petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polres, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Palang Merah Indonesia (PMI), Pemadam Kebakaran (Damkar), dan juga Dinas Perhubungan (Dishub). Sebelumnya, kegiatan bersama dengan JOB P-PEJ ini pernah dilakukan. Rencananya, setiap tahun akan diadakan simulasi serupa. [dwi/ito]