Sehari Habiskan 20 Kepala Kambing

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dimana warung dengan spesialis kepala kambing? Jawaban pertama kemungkinan mengarah ke warung bondo nekat (Bonek) milik Sakirun atau Mbah Run. Letak yang terpencil dan masuk ke Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, tidak membuat warung tersebut sepi, malah sebaliknya selalu ramai.

Kepada blokTuban.com di rumahnya, Mbah Run bercerita jika warung Bonek telah dibuka sejak tahun 1983. Dalam sehari, ia membutuhkan antara 15 hingga 25 kepala kambing. Jika dibuat rata-rata, dalam sehari ia menghabiskan 20 kepala kambing untuk disantap penikmat kuliner.

"Selalu ramai dan antre untuk menikmati masakan kepala kambing," katanya sambil tersenyum.

Di rumah yang sederhana sekaligus sebagai tempat warung itu, Mbah Run menegaskan, jika pembeli harus memesan terlebih dahulu jika ingin menikmati secara utuh. Sebab, jika langsung datang ditakutkan telah habis. Untuk satu buah kepala kambing yang disajukan secara utuh untuk dimakan berkelompok, harga yang dipatok sekitar Rp80.000 hingga Rp120.000.

"Harga menyesuaikan besar dan kecilnya kepala kambing. Semakin besar, maka harganya juga mahal," tambah suami dari Urip (70) itu.

Jika pembeli memesan terlebih dahulu beberapa jam datang, maka saat sampai di lokasi Bonek, masakan diproses awal. Setelah itu disimpan dalam almari pendingin, dan sewaktu-waktu datang tinggal memanaskan.

"Kami bersyukur yang datang semakin banyak, bukan hanya dari Tuban saja, namun hingga Bojonegoro, Lamongan, Nganjuk, Ngawi dan bahkan hingga Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah," sambung Mbah Run. [dwi/mad]