Hore..! Unirow Tuban Kembali Aktif

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Segenap civitas akademika Universitas PGRI ROnggolawe (Unirow) Tuban bisa bernapas lega. Sebab, kampus terbesar di Bumi Wali ini dikabarkan kembali diaktifkan oleh Kementerian Riset dan DIKTI. Aktifnya Unirow ini bisa dilihat dan di akses website forlap.dikti.go.id yang merupakan situs resmi milik DIKTI.

Terlihat kampus yang memiliki kode 071073 ini kembali berstatus aktif. Setelah sebelumnya dinonaktifkan pemerintah sekitar bulan Juni 2015 lalu lantaran terbelit berbagai masalah serius.

Dikonfirmasi, Pembantu Rektor (PR) III Unirow Tuban, Miftahul Munir, membenarkan status pengaktifan kampus di Jalan Manunggal, Tuban ini. "Alhamdulillah, pertanggal 23 November 2015 atau hari ini, Unirow kembali aktif," kata Miftahul Munir melalui ponselnya.

Miftah, sapaan akrab dosen perikanan dan kelautan ini menjelaskan, aktifnya kampus ini setelah melalui beberapa proses. Sebelumnya Unirow menjalani masa pembinaan dari Kopertis VII ataupun DIKTI. "Tahap pembinaan dimulai 17 November sampai 22 November kemarin, baru hari ini kampus kembali diaktifkan oleh Pemerintah," tambahnya Miftah.

Sementara itu Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unirow, Rizal, menyebut kalau kabar ini tentu menyenangkan semua civitas akademika di Unirow. Hanya saja, mahasiswa akan tetap meminta komitmen bersama untuk perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan yang ada didalamnya.

"Ini merupakan kabar baik dan berkat kerjasama semua pihak, mulai mahasiswa sampai rektorat. Tapi sebagai mahasiswa kita akan tetap mengawal agar diikuti dengan perbaikan mutu pendidikan," tegas Rizal.

Unirow sempat dibelit masalah mutu pendidikan dan berujung pada sanksi non aktif dari pemerintah pada kisaran bulan Juni 2015 lalu. Non aktif lantas berimbas pada aksi besar-besaran mahasiswa dan perombakan total jajaran rektorat, termasuk turunnya rektor Unirow Hadi Tugur dan digantikan dengan rektor sekarang Supiyana Dian Nurtjahyani. [pur/ito]