Hujan, Banjir Sampah di Jalan Rengel

Reporter: Dwi Rahayu/M.A. Qohhar

blokTuban.com - Hujan yang mengguyur cukup lebat di sekitar Kecamatan Rengel, Minggu (22/11/2015), membuat jalanan digenangi air. Yang mengagetkan pengguna jalan, Jalan Raya Rengel, tepatnya di selatan Pasar Rengel, banyak sampah berserakan ke jalan.

Pantauan blokTuban.com menyebutkan, sampah terbawa air dari bagian atas. Yakni, barat jalan antar Kabupaten Tuban-Bojonegoro. Air begitu deras mengalir dengan membawa berbagai jenis sampah, mulai daun, plastik, hingga pembalut wanita.

"Ya biasa seperti ini saat hujan. Ketika sampah menumpuk di atas, rumah-rumah warga sekitar hutan, akan kebawa ke jalan ini," kata seorang warga, Rohman.

Diterangkan, jika hujan tidak segera reda dan intensitas tinggi, biasanya sampai banjir bandang. Hal itu yang membuat warga ketar-ketir ketika di jalan raya. Kalau tidak hati-hati, maka bisa terbawa derasnya air.

"Warga telah mengingatkan kepada pejabat terkait untuk menegur pemukiman yang membuang sampah sembarangan di atas," tambah Munaji, warga Kecamatan Rengel lainnya.

Menurut Munaji, terkadang sampah dari atas juga bercampur kotoran dari Pasar Rengel. Apalagi, kondisi jalan menurun dan tidak rata. Jadi, saat air datang dengan kapasitas besar, akan mampu membawa barang-barang, termasuk sisa sayuran, karung, dan lain sebagainya. [dwi/mad]