Lumpuh, Dua Lansia Hidup Tanpa Keluarga di Eks Lokalisasi Gandul

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sepasang suami istri yang sudah lanjut usia (Lansia) tergeletak tak berdaya di salah satu rumah di eks lokalisasi Gandul, Dusun Wonorejo, Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Dua lansia yang diketahui bernama Bukhori (76) dan Sarmiati (73), sama-sama menderita sakit stroke dan mengalami lumpuh. Bahkan untuk aktivitas sehari-hari mereka pun sudah tidak mampu.

Ketika dikunjungi, Nenek Sarmiati hanya tergeletak tak berdaya sambil mengucapkan kata tak jelas. Dia terbaring dengan kain sederhana yang menutup tubuh, menggunakan alas dari kasur yang sudah rusak. Sementara Bukhori berusaha bangun dari tidurnya dan berusaha memaksa berjalan dengan berpegangan pada kursi.

Mereka menjalani hari tua tanpa mendapat perawatan dari keluarga. "Saya tidak punya keluarga," kata Kakek Bukhori kepada Reporter blokTuban.com, Kamis (19/11/2015).

Informasi yang diterima blokTuban.com, Kakek Bukhori sebenarnya berasal dari Mojokerto, sementara Nenek Sarmiati berasal dari Nganjuk. Menurut warga sekitar, mereka sudah lama menetap di tempat itu.

"Awalnya yang sakit itu Kakek Bukhori sudah setahun lalu, kemudian menyusul Nenek Sarmiati yang ikut stroke bahkan lumpuh sejak 6 bulan terakhir," kata salah satu tetangganya, Suyono (49), di depan rumah yang ditempati sepasang Lansia ini. [pur/col]