Disabilitas Simulasi Penggunaan Hak Pilih

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Penyandang Disabilitas melakukan simulasi penggunaan hak pilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2015 mendatang. Kegiatan berlangsung di Balai Latihan Kerja (BLK) Penyandang Disabilitas milik Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tuban.

Pantauan reporter blokTuban.com, Senin (16/11/2015), peserta yang mempunyai kekurangan fisik ini tampak antusias mengikuti sosialisasi yang dibuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban. Sosialisasi digelar di bersama BLK Tuban.

"Sudah pernah memilih tahun lalu, mungkin saja di sosialisasi ini ada hal yang baru," kata salah satu penyandang disabilitas, Istiqomah, kepada reporter blokTuban.com disela-sela mengikuti sosialisasi.

Peserta mendapat pengetahuan mulai dari waktu pelaksanaan Pilkada, Pasangan Calon (Paslon), sampai cara menggunakan hak pilih yang benar. Nyaris tidak ada kesulitan bagi mereka untuk mempergunakan hak pilih.

"Mereka mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pengetahuan tentang Pilkada," terang Divisi Sosialisasi KPU Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistyorini.

Yayuk menegaskan, kegiatan seperti ini dilakukan KPU Tuban untuk mendongkrak pemilih di Pilkada mendatang. Salah satunya dengan mendatangi beberapa komunitas termasuk penyandang disabilitas. [pur/mad]